Menu

Mode Gelap

Bisnis · 15 May 2024 20:56 WIB ·

UMKM Jatim Tertinggal Pemasaran Digital Akibat Keterbatasan Teknologi


 UMKM Jatim Tertinggal Pemasaran Digital Akibat Keterbatasan Teknologi Perbesar

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Timur masih belum optimal memanfaatkan pemasaran digital karena keterbatasan pengetahuan, keterampilan, dan akses teknologi. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah, menegaskan bahwa pasar digital mudah, murah diakses, dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Ada 139 juta pengguna media sosial di Indonesia, atau 49,9 persen dari total penduduk. Dari jumlah itu, 34,5 persen menggunakan media sosial untuk menemukan produk yang dibeli. Ini peluang besar yang harus dimanfaatkan,” ujar Andromeda dalam acara Upgrade Skill bersama Tokopedia dan TikTok di Surabaya, Rabu (15/5/2024).

Acara upgrade skill ini diikuti oleh 46 pelaku usaha dari berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk Banyuwangi, Jember, dan Sidoarjo. Peserta pelatihan merupakan pengusaha yang sudah berjualan di Tokopedia maupun Shop Tokopedia (TikTok). Andromeda mengungkapkan bahwa sebagian UMKM masih kurang termotivasi untuk meningkatkan penjualan mereka.

“Ada sebagian pelaku usaha yang berprinsip ‘ngene ae wis payu ora usah aneh-aneh’ [begini aja sudah laku, tidak usah aneh-aneh],” jelasnya. Menurut Andromeda, penting bagi UMKM untuk terus meningkatkan keterampilan dan kapasitas bisnis mereka melalui pelatihan seperti yang diselenggarakan Tokopedia.

Tokopedia mencatat bahwa dari total populasi pengguna internet di Indonesia, 120 juta orang melakukan transaksi belanja online lebih dari sekali dalam setahun. Pengguna layanan online untuk transaksi perbankan atau isi ulang mencapai 173 juta orang, sementara pengguna smartphone mencapai 217 juta orang dalam setahun. Selain itu, penetrasi pengguna internet di Jawa mencapai lebih dari 83%, dan di Jawa Timur mencapai lebih dari 81%.

Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, mengungkapkan bahwa selama 14 tahun beroperasi, Tokopedia memiliki 14 juta penjual dengan jangkauan distribusi yang mencapai 99% kecamatan di Indonesia. Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 15 mitra logistik, menyediakan lebih dari 65 metode pembayaran, dan menawarkan lebih dari 1,8 miliar produk.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

Terdampak Efisiensi, Kemendikdasmen Pastikan Program Prioritas Berjalan

17 February 2025 - 13:33 WIB

oktana.co.id

Dewa 19: Band Legendaris yang Tetap Berjaya di Industri Musik Indonesia

17 February 2025 - 13:24 WIB

oktana.co.id

Dhito Siap Ikuti Pelantikan dan Retreat di Magelang

17 February 2025 - 13:01 WIB

oktana.co.id

Puthut EA, Penulis di Balik Novel Cinta Tak Pernah Tepat Waktu

17 February 2025 - 12:50 WIB

oktana.co.id

Film Cinta Tak Pernah Tepat Waktu Rilis, Disambut Positif Penonton

17 February 2025 - 12:46 WIB

oktana.co.id

Cinta Tak Pernah Tepat Waktu, Film Terbaru Hanung Bramantyo Tentang Pikiran Lelaki

17 February 2025 - 12:30 WIB

oktana.co.id
Trending di Entertainment