Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah meluncurkan program studi baru, yaitu S1 Bisnis Digital. Langkah ini diambil untuk mendorong para mahasiswa agar dapat beradaptasi dan progresif dalam menghadapi perkembangan bisnis.
“Kami berharap para mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan teknologi global,” ujar Rektor ITS, Ir. Bambang Pramujati di Auditorium Tower 2 ITS, Surabaya, Kamis (16/5/2024).
Bambang mengatakan bahwa peluncuran prodi S1 Bisnis Digital ini merupakan salah satu bentuk kontribusi ITS dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan menghadapi tantangan bisnis secara digital.
Kaprodi S1 Bisnis Digital ITS, Dr. Lissa Rosdiana Noer, menyatakan bahwa prodi ini didirikan sebagai solusi untuk mengembangkan kemampuan dalam mengelola dan merancang proses transformasi ekonomi digital di industri.
Gagasan ini diimplementasikan melalui empat pilar keilmuan Prodi Bisnis Digital, yaitu manajemen fungsional, sistem dan teknologi digital, kebutuhan bisnis, dan kewirausahaan dan pengembangan bisnis digital.
“Keempat pilar ini memberikan pemahaman fundamental tentang manajemen, analisis bisnis, sistem dan teknologi digital, serta aplikasinya dalam konteks digital,” jelas Lissa.
Berbeda dengan Departemen Manajemen Bisnis, Prodi Bisnis Digital menawarkan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan industri digital.
Mahasiswa akan diajak untuk mengeksplorasi berbagai mata kuliah tentang teknologi digital, seperti pengantar sistem digital, desain UI/UX, AI dan IoT, sistem basis data, dan lainnya.
Lissa mengklaim bahwa prodi ini juga menjamin kualitas lulusan dengan berbagai kemampuan yang ditawarkan. Para lulusan diharapkan dapat merancang strategi pemasaran digital, menganalisis data dan pengambilan keputusan, mengembangkan produk, dan berwirausaha.
Prodi ini akan menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri untuk tahun ajaran 2024/2025 dengan menyediakan 50 kursi. Selain itu, Bisnis Digital ITS juga menyediakan program double degree.
Leave a Reply